Kisah Akibat Tak Saling Mengerti

Cici Cecak mengunjungi temannya, yakni Dida Kadal. Mereka memang sudah lama berteman, tetapi Tak Saling Mengerti dan belum pernah saling mengunjungi rumah masing-masing. Hari ini Cici mengunjungi Dida, dan hal itu membuat Dida bahagia. Karena senang berbincang dengan Cici, Dida meminta Cici untuk tetap tinggal di rumahnya selama semalam.

“Kau mau kan, Cici?” tanya Dida.

Cici mengangguk tanda setuju. Namun, rumah Dida sangat berbeda dengan rumah Cici. Cici tinggal bersama manusia di atap rumah yang hangat, sedangkan kadal tinggal di kebun yang sangat dingin. Semalaman Cici menggigil kedinginan, ia tidak bisa tidur. Sedangkan Dida sudah mendengkur keras saking lelapnya.

Sepulang dari rumah Dida, Cici jatuh sakit Berhari-hari dia tidak keluar dari rumah.

Suatu hari, Dida bertemu Cici lagi, ia merasa malu dengan apa yang dilakukannya. “Teman” ucap Dida. “Maafkan aku atas kejadian waktu itu. Aku harap kau tidak marah.”

“Sudahlah, aku tidak marah. Tidak usah kamu pikirkan” kata Cici. “Besok datanglah ke rumahku. Aku ingin bersamamu sehari lagi!”

“Ya, aku akan ke sana!” sahut Dida, senang.

Esoknya, Dida tiba di rumah Cici di bawah atap rumah manusia. Cici meminta Dida untuk menginap di rumahnya juga. Tentu saja Dida tidak menolak. Namun malamnya, Dida merasa sangat kepanasan. Ternyata rumah Cici yang berada di bawah atap ini sangat tidak nyaman untuknya. Sepanjang malam Dida terjaga. Keringat bercucuran dari tubuhnya. Sedangkan Cici terlihat begitu pulas.

Keesokan hari, sebelum pulang, Dida berkata kepada Cici. “Aku tahu kau sangat kecewa dengan sikapku kemarin, Cici. Aku sudah sadar. Seharunya aku lebih mengerti kau. Harusnya aku tahu kau waktu itu kedinginan. Seperti halnya aku kepanasan di rumahmu tadi malam,” ucap Dida, sedih.

Cici terdiam melihat Dida begitu sedih. Dida meninggalkan rumah Cici saat itu juga, ia pulang dengan hati yang sangat sedih. Ternyata persahabatan mereka belum seerat yang mereka kira. Harusnya mereka lebih saling mengerti lagi setelah ini.

Pesan Moral : Kisah Cici dan Dida mengingatkan kita bahwa saling mengerti itu penting dalam persahabatan, agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari, yang akan membuat hubungan itu menjadi retak.

Download Dongeng KamiKamu di Google Playstore