Kisah Bebek Yang Selalu Hidup Rukun

Koloni bebek tidak pernah terpisah satu sama lain. Mereka pergi bersamasama sepanjang hari dengan mengikuti satu pemimpin. Mereka terkenal sebagai makhluk yang paling rukun. Meskipun bebek sangat berisik, tidak sekalipun mereka pernah bertengkar.

Hampir semua binatang mengetahui hai itu. Begitu pun dengan cerpelai. Namun, dia sangat penasaran apakah kabar itu benar atau tidak. Cerpelai sendiri belum pernah melihat langsung kawanan bebek yang sedang bersama. Saking penasarannya, cerpelai pun mendatangi padang di mana para bebek berada.

Cerpelai akhirnya dapat melihat begitu kompaknya kaum bebek. Awalnya ia kagum, tapi kemudian muncul niat jahat dalam hatinya.

“Aku akan mengadu domba mereka. Pasti ada bebek yang bisa dijadikan sebagai sumber masalah,” gumam Cerpelai seraya menyeringai jahat.

Mulai hari itu, Cerpelai gencar mendatangi bebek yang sedang agak terpisah dengan kawanannya. Dia mulai menghasut bebek itu untuk membenci kawanannya.

“Lihat pemimpinmu itu, dia hanya membodohi kalian agar mau mengikutinya. Pergilah dari kawanan atau kau akan menjadi budak pemimpinmu selamanya,” ujar Cerpelai yang pandai menghasut.

Namun rupanya siasia. Bebek itu tidak mau mendengar perkataan Cerpelai. Kemudian Cerpelai mencari bebek lain dan mengatakan hal yang sama. Tapi lagilagi perkataan Cerpelai tidak dihiraukan. Begitu terus, hingga tak terasa sudah semua bebek ia datangi. Tapi, tidak ada satu pun yang berhasil ia hasut. Cerpelai sudah sangat kelelahan karena sudah berjalan ke sanakemari dan terlalu banyak bicara.

“Hahaha… Cerpelai… Cerpelai…. Kau tidak akan bisa membuat kaum bebek saling bertengkar, karena kami saling mempercayai satu sama lain,” ucap salah satu bebek yang dihasut oleh Cerpelai.

Cerpelai sangat malu. Dia tidak menyangka para bebek begitu kompak. Dia pun pergi dari pemukiman bebek dan tidak pernah kembali lagi ke sana karena malu. Memang benar jika ada yang mengatakan bahwa kaum bebek adalah kawanan yang paling rukun sedunia.

Baca Juga :  Rusa dan Anjing (Sulawesi Tengah)

Pesan Moral : Kerukunan yang kuat akan membuat kelompok itu menjadi kuat pula