Di dalam hutan, hiduplah seekor rusa yang pemarah, la juga sangat sombong dan sering meremehkan hewan lain. Suatu ketika, si Rusa berteduh di bawah pohon di tepi sungai. Di sana terlihat Kura-kura yang se­dang mondar-mandir.

“Hey Kura-kura, pergilah. Kau hanya mengganggu waktu istirahatku saja jika kau terus mondar-mandir di situ,” kata Rusa dengan angkuhnya

Kura-kura pun menjelaskan bah­wa ia sedang kebingungan mencari makan. Namun, Rusa tak memeduli­kan permasalahan Kura-kura, la terus mengusir Kura-kura. Bahkan, Rusa mengancam akan menginjak tubuh Kura-kura jika ia tak mau pergi.

Kura-kura pun menjadi jengkel, la lalu menantang Rusa untuk meng­adu kekuatan betis kaki. Rusa sangat marah mendengar tantangan Kura-kura.

Rusa mengayunkan kakinya. Betapa ma­rahnya ia ketika tendangannya ternyata me­leset. Rupanya Kura-kura dengan sigap telah memasukkan kakinya ke dalam tempurung. Rusa pun menginjak tempurung Kura-kura hingga Kura-kura terbenam ke dalam tanah. Rusa menyangka Kura-kura telah mati. Ia pun pergi meninggalkan Kura-kura.

Setelah seminggu di dalam tanah, akhirnya Kura-kura bisa keluar. Olala, ternyata Kura-kura selamat, la lalu mencari Rusa. Setelah beberapa hari, akhirnya ia menemukan Rusa.

“Bersiaplah Rusa, kini giliranku membalas perbuatanmu,” kata Kura-kura.

Rusa terkejut melihat Kura-kura yang ma­sih hidup. Tapi, ia tidak menghiraukan ancam­an Kura-kura, la mengira Kura-kura tak akan mampu melawannya.

Kura-kura kemudian menuju ke tempat yang tinggi, la menggelindingkan tubuhnya. Ketika hampir mendekati Rusa, ia menaikkan tubuhnya hingga melayang. Wah, Kura-kura mengincar hidung Rusa. Tempurung Kura-kura pun berhasil mengenainya. Saking kerasnya serangan itu, hidung Rusa jadi terluka hingga rusa berlari kesakitan.

Pesan Moral : Jangan sombong dan suka menganggap remeh temanmu. Orang yang kamu ang­gap lemah, bisa jadi memiliki keistime­waan yang tak kita miliki. Percayalah, setiap orang mempunyai kelebihannya masing-masing.